Mau Liburan? Simak Rekomendasi 7 Destinasi Wisata Bandung

Liburan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga. Setelah berhari-hari dengan kesibukan kerja, sekolah, dan lainnya, kamu sekeluarga bisa bersantai ria di momen liburan.

Ada banyak sekali destinasi wisata Bandung yang bisa menjadi pilihan liburan kamu dan keluarga kali ini. Butuh rekomendasinya? Simak penjelasan di bawah ini.

Rekomendasi Destinasi Wisata Bandung

destinasi wisata bandung
Gedung Sate (Kompas.com)

Letaknya yang tidak jauh dari ibukota Jakarta membuat Bandung ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan maupun liburan. Kira-kira apa saja rekomendasi destinasi wisata Bandung yang harus dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan?

Menurut Alamat Bagus, berwisata tidak harus menggunakan mobil pribadi, kamu bisa menyewa mobil. Ini menjadi alternatif bagi kamu yang belum memiliki mobil pribadi, tetapi ingin menghemat budget.

Yup, kamu hanya perlu membayar biaya sewa mobil yang biasanya ada paket include bbm+sopir. Menjelajah Bandung jadi lebih puas deh! Nih, kami jabarkan beberapa rekomendasi destinasi wisata di Bandung.

1. Air Panas Ciater

Lokasi air panas ciater ini di perbatasan Subang dan menjadi salah satu wisata Bandung yang ramai dikunjungi wisatawan. Selain sebagai sarana rekreasi, tempat wisata ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Terletak di sekitar 30 KM utara kota Bandung, sumber air panas ini berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Berendam di air belerang ini sangat cocok untuk kamu yang ingin beristirahat sejenak. 

Kamu bisa mengunjungi tempat ini menggunakan motor ataupun rental mobil.

2. Museum Gedung Sate

Museum yang berada di kota Bandung ini dibuka sejak 2017. Museum Gedung Sate menampilkan berbagai macam koleksi seni Bandung. Kamu bisa berinteraksi dengan teknologi-teknologi yang tergolong canggih.

Setidaknya ada enam instalasi interaktif di museum ini. Beberapa diantaranya adalah Augmented Reality (AR), yaitu animasi orang Belanda beserta pekerja membangun Gedung Sate. Selain itu, ada pula Virtual Reality melihat gedung sate dari balon udara.

3. Stone Garden Padalarang

Belum banyak yang mengetahui keindahan yang disuguhkan pemandangan dari atas bukit Stone Garden ini. Terlebih jika kamu berkunjung di padang bertabur bebatuan ini di pagi hari saat matahari muncul atau di senja hari saat matahari tenggelam.

Pemandangan yang disuguhkan dari tempat ini begitu fenomenal dan membuat kagum. Kamu dapat menikmati pemandangan bebatuan yang terbentuk secara alamiah, dimana bebatuan tersebut bekas danau di zaman purba.

Setelah sedikit jalan menanjak melewati bebatuan, kamu bisa melihat pemandangan rumput tempat bebatuan yang tegak dengan formasi yang sangat artistik. Keindahan pemandangan yang terhampar luas tidak kalah indah dibandingkan Grand Canyon.

4. Curug Dago

Curug Dago merupakan sebuah air terjun yang berada di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung. Tinggi dari Curug Dago ini hanya sekitar 10 meter. Akan tetapi, air terjun yang letaknya tersembunyi ini sangatlah indah dan menarik untuk dikunjungi. 

Curug dago tidak terlalu populer di kalangan wisatawan. Namun, tidak ada salahnya untuk coba berkunjung. Kamu bisa datang ke tempat ini menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

5. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang terletak di perbatasan Lembang dan Subang. Tempat wisata ini lokasinya sekitar 20 KM di utara kota Bandung.

Keunikan dari gunung ini yaitu bentuknya yang menyerupai perahu terbalik. Hal tersebut sesuai dengan legenda yang menceritakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang hingga terbalik.

6. Kawah Putih Ciwidey

Destinasi wisata ini terletak di Ciwidey, yaitu sekitar 50 KM di sebelah selatan Bandung. Kawah Putih Ciwidey ini merupakan salah satu tempat wisata Bandung yang paling terkenal.

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah kawah vulkanik dengan tanah berwarna putih. Warna putih tersebut dikarenakan adanya kandungan belerang pada tanah. Keunikan utama dari kawah ini adalah warna airnya selalu berubah.

7. The Great Asia Afrika

The Great Aia Afrika menjadi salah satu destinasi yang harus masuk list jika kamu berkunjung ke Bandung. Tempat ini berasa di Lembang. Selain artistik dan menarik, destinasi wisata ini juga memberikan edukasi.

Area pada tempat wisata ini dibagi menjadi bagian-bagian kecil, seperti Indonesia, Jepang, korea, India, Afrika, dan juga Animal Park.setap area dengan tema tertentu memiliki bangunan tematik khas dari negara tersebut.

Kamu juga bisa mencicipi kuliner dan menggunakan pakaian adat khas dari setiap negara pada masing-masing area. Tidak jarang ada acara kebudayaan khas dari masing-masing negara. Cobalah sewa mobil Lembang untuk ke sini.

Selain itu, masih banyak sekali destinasi wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Berbagai tempat wisata tersebut akan lebih mudah dikunjungi jika kamu membawa kendaraan sendiri. Jika tidak, rental mobil Bandung bisa bisa menjadi pilihan.

Demikian artikel mengenai destinasi wisata di Bandung, semoga bermanfaat ya!

Lebih baru Lebih lama