Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang untuk Pemula Mudah

cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula
cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula

Teknologi saat ini semakin canggih, kita dituntut untuk mengikuti zaman yang telah lama berubah ini. Zaman yang serba teknologi dari berbagai aspek mengisi ruang kehidupan, mulai dari industri, ekonomi, sosial, pariwisata, kesehatan dan lain-lain.

Pernahkah kamu berpikir untuk memanfaatkan teknologi saat ini untuk menghasilkan uang? Jika pernah, selamat kamu tepat sekali membaca artikel mengenai cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula ini.

Apakah Blog Gratis Bisa Menghasilkan Uang?

Blog gratis yang mungkin kamu maksudkan adalah blog dengan domain gratis. Biasanya domain gratis ini dicirikan dengan url link yang panjang, seperti reskia.blogspot.com atau bacakuy.wordpress.com. Apakah blog gratis bisa menghasilkan uang? Jawabannya adalah bisa banget. Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan.

Apakah Blog Wordpress Bisa Menghasilkan Uang?

Jawabannya adalah bisa. Kamu bisa mengikuti cara membuat blog yang menghasilkan uang di artikel ini. Jika membuat blog di Wordpress bisa beli domain dan hosting terlebih dahulu. Perkara menghasilkan uang itu kembali kepada kamu, mau pasang Google Adsense, Jual Jasa atau Produk dan lain-lain.

Berapa Penghasilan Blogger Per Bulan?

Blogger bisa memanfaatkan blog yang ia punya untuk mendulang rupiah. Beberapa blogger memperoleh uang dari hasil iklan Google Adsense, kerja sama, menjual produk atau jasa dan lain-lain. Berapa penghasilan blogger per bulan? Jawabannya adalah tidak tentu tergantung sumber penghasilan ia miliki. Kalau penghasilan dari Google Adsense, sekali Payout minimal Rp1.300.000.

Berapa Lama Menghasilkan Uang dari Blog?

Jika ditanya berapa lama menghasilkan uang dari blog dengan memanfaatkan iklan dari Google Adsense yang tayang di blog, jawabannya lagi-lagi adalah tidak tentu. Semakin rajin kamu membuat artikel, maka semakin cepat menghasilkan uang dari blog. Jika sehari bisa menulis 5 artikel, maka kemungkinan memperoleh uang jadi lebih cepat sekitar 3-5 bulan saja.

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang untuk Pemula

Tidak bisa dipungkiri lagi, persoalan uang memang menjadi kebutuhan manusia. Dengan uang kita bisa membeli makanan, pakaian, rumah, motor, mobil dan lainnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang adalah dengan membuat blog.

Bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula? Baca sampai habis di bawah ini.

1. Tentukan Nama Blog dan Topik Blog

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan nama blog dan topik blog. Biasanya nama blog akan berbanding lurus dengan topik blog. Ya, walaupun saat ini kamu bisa bebas membuat nama blog.

Misalnya ingin membuat blog bisnis, bisa memberikan nama blog yang ada unsur bisnisnya seperti Belajar Marketing, Ayo Berbisnis, Tips Bisnis, Panduan Usaha, dan lain-lain.

Kamu juga bisa membuat blog dengan nama pribadi kamu sebagai ajang personal branding contohnya Reskipedia, Opini Bayu, Cerita Reskia, dan lain-lain. Topiknya mau bahas apa? Ada banyak lho topik yang bisa diambil seperti bisnis, wisata, teknologi, keluarga, properti, dan lain-lain.

2. Tentukan Platform Blog Terbaik

Cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula selanjutnya adalah menentukan platform ngeblog. Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu gunakan untuk ngeblog, tetapi yang ingin saya kasih tahu hanya dua platform populer saja.

Kamu bisa membuat blog di Blogger atau WordPress. Kedua platform tersebut menawarkan beragam fitur yang memudahkan penulis. Jika kamu masih pemula dan mau yang simpel saja bisa pakai platform Blogger terlebih dahulu. Nah, kalo mau yang lebih banyak tools bantuan untuk optimasi bisa pakai WordPress.

3. Beli Domain dan Hosting

Domain adalah alamat untuk bisa berkunjung ke blog atau website milikmu. Sedangkan, hosting ini ibaratnya tanah dan website adalah rumah. Kamu bisa sewa tanah (sewa hosting) ke penyedia hosting untuk rumahmu (website) lho.

Kalau mau cari hosting gratis bisa pakai platform blogger.com saja yang sudah dibiayai oleh Google. Ada banyak penyedia layanan hosting gratis seperti 000Webhost, Wix, Freehosting, PHP.id, dan lain-lain.

Silakan dibeli untuk domain dan hostingnya. Mau gratis hosting juga oke lho untuk pemula yang minim modal.

4. Mulai Menulis Artikel

Website tanpa artikel seperti berjualan tanpa barang. Bagaimana bisa menghasilkan uang jika tak ada satu pun konten di website milikmu?

Nah, cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula yang berikutnya adalah mulailah untuk menulis artikel. Bisa mulai menulis artikel dengan topik yang telah kamu tentukan. Minimal 600 kata agar bisa lebih luas pembahasannya.

Saat memulai untuk menulis artikel, pelajari juga cara riset keyword agar bisa menargetkan pengunjung. Selain itu, pelajari juga SEO (Search Engine Optimization) agar artikel kamu ramah mesin pencari.

5. Daftarkan ke Google Adsense

Terakhir, jika target kamu adalah bisa memperoleh uang dari Google Adsense, maka perlu daftarkan blog atau website kamu ke Google Adsense. Sebelum itu, pastikan bahwa blog sudah memperoleh trafik dan artikel yang cukup. Lengkapi pula beberapa halaman penting seperti About, Contact, Privacy Policy, Term of Services (TOS) dan Disclaimer.

Jika dirasa website sudah layak untuk bekerjasama dengan Google, segera buat akun di Google Adsense dan mendaftarkan website milikmu. Kalau blog kamu sudah diterima, selamat selanjutnya tinggal push artikel terus agar bisa memperoleh penghasilan yang maksimal.

Demikian cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula yang mudah untuk kamu terapkan. Kunci sukses dari blog adalah sabar dan rutin menulis artikel. Semangat ya sobat!
Lebih baru Lebih lama