Kenali Jenis-jenis Curriculum Vitae dan Format CV

Jenis-jenis Curriculum Vitae
Jenis-jenis Curriculum Vitae

CV, resume atau dikenal juga dengan daftar riwayat hidup merupakan syarat wajib dalam surat lamaran pekerjaan. Melalui CV seorang recruiter bisa mengetahui dan menganalisis tentang identitas kamu. Mungkin masih banyak orang yang tidak tau ternyata jenis-jenis curriculum vitae itu ada banyak sekali dan terbagi dalam beberapa golongan. 

Jenis-jenis Curriculum Vitae 

Ini dia beberapa jenis untuk CV. Baca di bawah ini yuk!

1. CV yang Telah Ditentukan 

CV berdasarkan ketentuan artinya format dari CV telah ditentukan sebelumnya oleh perusahaan yang bersangkutan dan telah disetujui sebagai format CV resmi sekaligus ciri khas dari orang yang melamar ke perusahaan tersebut sebab formatnya beda dari yang lain dan tidak bisa ditiru. 

Biasanya perusahaan yang menggunakan format seperti ini merupakan perusahaan berskala besar atau yang masuk dalam instansi pemerintahan seperti perekrutan PNS, pegawai BUMN, perusahaan terkemuka dan masih banyak lagi. CV ini biasanya berbentuk blangko atau form yang diberikan perusahaan kepada kandidat secara langsung, lewat email, atau pos. 

2. CV yang Dibuat karena Tujuan Tertentu 

CV ini dibuat oleh pelamar yang memiliki tujuan tertentu ketika melamar pekerjaan. Hal-hal yang masuk dalam CV pin lebih fokus pada tujuan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan tujuan yang ingin dicapai tidak perlu dituliskan dalam CV. Oleh sebab itu orang yang membuat CV ini harus memiliki tujuan yang jelas.

3. CV Umum / Formal

Jenis-jenis curriculum vitae satu ini merupakan yang paling sering dibuat dan paling umum ditemukan dalam surat lamaran pekerjaan. Bentuknya polos tanpa ada desain apapun. 

Di dalamnya hanya memuat informasi dan data umum yang selalu masuk dalam sebuah daftar riwayat hidup seperti pas foto, identitas diri, riwayat penyakit, prestasi, dan pengalaman kerja. 

CV jenis ini bisa disimpan dalam format doc ataupun pdf. Penulisannya pun menggunakan font yang sederhana warna hitam. Kelebihan dari CV ini adalah kamu akan langsung terfokus dengan isi CV tanpa harus teralihkan dengan karakter lain.  

4. CV Desain Kreatif

Daftar riwayat hidup dibuat dengan menambahkan desain agar terlihat lebih menarik untuk dilihat. Desain ini bisa berupa penambahan grafik, warna baground, simbol, jenis font, dan warna font. 

Namun pemberian karakter yang berlebihan justru membuat isi dari CV kamu tidak tersampaikan dengan baik atau justru malah menutupi data yang penting. Oleh sebab itu dalam memilih layout sebaiknya hati-hati dan penuh pertimbangan. 

Hal-hal yang Harus Ada Dalam CV

Di dalam sebuah daftar riwayat hidup biasanya berisi beberapa informasi yang tersusun sebagai berikut: 

1. Identitas Diri

Jelaskan mengenai diri kamu secara simpel saja seperti nama, alamat, email, akun media sosial yang menjadi branding (bisa pakai LinkedIn). Bisa tambahkan foto jika memang perusahaan memintanya

2. Riwayat Pendidikan

Tulis riwayat pendidikan formal. Jika lulusan terakhir SMA / SMK maka cukup tulis dari SMP saja lulus tahun berapa dan jumlah nilai terakhir. Jika pendidikan terakhir S1 cukup tuliskan mulai dari SMA, dan jika pendidikan terakhir S2 maka cukup tulis dari S1 saja jangan lupa untuk menuliskan jumlah IPK. 

Pendidikan informal. Cantumkan riwayat pendidikan informal yang pernah kamu jalani misalnya kursus keahlian khusus.

3. Portofolio

Pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya, jika ada tulis saja pengelana kerja di perusahaan yang memiliki posisi hampir sama dengan perusahaan yang kamu lamar saat ini. 
Keahlian khusus. Cantumkan keahlian khusus yang kamu miliki misalnya bisa berbahasa asing. 
Prestasi. Cantumkan prestasi terbaik yang pernah kamu raih di dunia kerja. 
Referensi. Kamu bisa menunjukkan orang yang memberikan rekomendasi kepada kamu untuk masuk ke perusahaan tersebut. 

Beberapa diantara jenis-jenis curriculum vitae biasanya ada yang ditambahkan tanda tangan di bagian bawah ada juga yang tidak tergantung dari kebutuhan. Gunakan 1 CV untuk satu perusahaan hindari menggunakan CV yang sama, tidak perlu menuliskan hobi dan minat kamu dalam CV, dan yang terpenting semua informasi dalam CV harus ditulis secara singkat padat dan jelas. 

Itulah tadi informasi seputar jenis-jenis curriculum vitae semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama