Makanan Ikan Lele Sekaligus Umpan Jitu Mendapatkannya

makanan ikan lele
Makanan Ikan Lele

Lele lovers yang budiman, kamu tahu nggak sih, ternyata ada loh makanan ikan lele yang bagus untuk pertumbuhannya sekaligus bisa digunakan untuk umpan ketika memancingnya. Dwifungsi makanan ini, sangat cocok untuk kamu yang memang suka membudidayakan sekaligus suka memancing ikan lele.

Akan tetapi, ada sekian perbedaan yang tidak bisa kamu lupakan. Ada perbedaan antara umpan lele jika kamu memancing di kolam pemancingan dan saat kamu memancing di alam liar habitat asli para lele. Perbedaan ini tentu penting untuk kamu ketahui.

Sebelum itu, lebih baik pahami saja dulu deh mengenai beberapa jenis makanan sekaligus yang bisa dijadikan umpan ikan lele paling jitu sesuai dengan habitat ikan lele tempat kamu memancing.

Lele, sepertinya menjadi primadona di kepala para pengangguran, fresh graduate, atau bahkan juga para bapak-bapak. Coba saja tanyakan ke temanmu, tanyakanlah kira-kira usaha apa yang pertama muncul di kepalanya. Pasti jawabannya ternak lele. Begitu juga dengan fresh graduate dan bapak-bapak. Ternak lele, hampir tidak bisa dilepaskan dari pikiran banyak orang.

Apalagi alasannya kalau bukan keuntungan yang didapatkan. Konon, ada peternak lele yang pendapatannya lebih dari pegawai kantoran. Dan ini tentu memantik hati banyak orang untuk ikut beternak lele. Nah, bagi kamu yang mungkin baru berencana ternak lele, silakan simak baik-baik ulasan berikut ini.

Di sini kamu akan mendapatkan saran dan rekomendasi pakan alami yang baik untuk tumbuh kembang ikan lele. Selain itu, jika di sela-sela beternak lele kamu merasa bosan, kamu bisa memilih opsi untuk memancing di kolam ikan atau di habitat liar ikan lele. Umpannya? Simak baik-baik, ya!

Makanan Ikan Lele yang Sekaligus Bisa Dijadikan Umpan

Jangan buru-buru kenapa sih, santai saja dulu. Katanya, peternak lele dan seorang pemancing itu terkenal dengan kesabarannya. Jadi, jangan buru-buru untuk segera mendapatkan jawaban cespleng tentang makanan lele dan juga umpan untuk memancingnya.

Kalau buru-buru, ya sudah. Berikut ini akan saya berikan :

1. Cacing Tanah

Nah, hewan yang menggeliat-geliat satu ini, kabarnya memiliki kandungan protein pada kisaran 40%-70%. Seperti pada manusia, protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Pada manusia, protein dibutuhkan untuk mempercepat proses pembentukan sel-sel dan juga otot yang rusak.

Begitu juga terhadap ikan lele. Cacing tanah sangat cocok untuk dijadikan makanannya sehari-hari. Apalagi, untuk mencarinya sangatlah mudah. Kamu tinggal mengorek-ngorek tanah di kebun rumahmu atau juga di kebun milik tetanggamu. Jika kamu memilih untuk mencari di kebun tetangga, jangan lupa untuk izin dulu, ya.

Biasanya, cacing tanah lebih banyak ditemukan pada tanah dengan tekstur yang lunak atau katakanlah sedikit lembab. Jika sudah ditemukan, langsung saja korek-korek agak dalam untuk menemukan hewan satu ini. Setelah dapat, langsung kumpulkan dalam wadah.

Untuk pemberian makan, direkomendasikan untuk mencucinya terlebih dulu. Walaupun di habitat liar ikan lele dikatakan lumayan jorok, namun jika pada budidaya, kebersihan ikan menjadi satu hal yang sangat penting. Setelah memberikannya, langsung saja lemparkan cacing-cacing tersebut. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam cacing untuk memastikan kebersihannya.

Selain untuk makanan ikan lele, kamu juga bisa menggunakan cacing tanah sebagai umpan yang baik untuk memancing ikan lele. Tapi sebelum memancing, pastikan kalau kamu tidak mencincang cacing tanah, pastikan bentuknya tetap memanjang seperti aslinya.

Jangan lupa juga untuk melakukan perendaman cacing tanah ke dalam telur untuk mendapatkan aroma amis yang bisa memancing ikan lele keluar. Setelah itu, langsung saja ceburkan dan tak lama kemudian, kamu akan mendapatkan ikan lele dengan mudahnya.

2. Usus Ayam

Ini cocok bagi kamu yang rumahnya berada di dekat pasar atau di dekat rumah pemotongan ayam. Biasanya, usus dibuang dan tidak digunakan. Ambillah usus tersebut kemudian bawa ke rumah. Jangan lupa dibersihkan jika ingin dijadikan makanan ikan lele.

Tak hanya manusia, ikan lele juga suka mengkonsumsi usus ayam. Ini sangat baik untuk pertumbuhannya. Namun, jangan dijadikan usus ayam krispi. Kalau itu, hanya manusia yang menyukainya. Pakai saja usus ayam mentah yang sudah dibersihkan.

Selain untuk makanan ikan lele, usus ayam juga cocok dijadikan umpan. Sebelum memancing, jangan lupa untuk mencampurnya dengan essen. Kaitkan dengan kail pancing, dan silakan mulai ceburkan untuk memancing.

Kedua jenis makanan ini, sangat cocok untuk kamu jadikan umpan sekaligus makanan lele sehari-hari. Akan tetapi, ini cocok jika kamu ingin memancing ikan lele di alam liar. Kalau di kolam ikan lele, kamu masih bisa kok pakai campuran antara margarin, telur, dan belut.

Jangan digoreng, campurkan seperti biasa saja. Aduk-aduk lalu kaitkan pada kail pancing kamu. Selain itu, kamu juga bisa kok memakai umpan tiruan. Jadi, sekarang terserah kamu mau pilih yang mana. 

Semoga ulasan tentang makanan ikan lele sekaligus umpan ini bermanfaat bagimu, ya! Selamat memancing!
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama