7 Tips Aman Melamar Kerja agar Kamu Tidak Tertipu

Tips Aman Melamar Kerja


Setiap tahunnya angkatan kerja bertambah seiring bertambahnya pula siswa atau mahasiswa yang lulus dari pendidikannya. Setelah menyelesaikan studi, tentu sebagian besar orang ingin mencari kerja. Nah, bagi kamu yang baru memasuki dunia kerja, pelajari tips aman melamar kerja agar tidak salah langkah hingga tertipu.

Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat, yang dulunya kita memperoleh informasi lowongan kerja melalui koran, brosur, radio, dan TV siaran hitam putih serta lain-lain. Sekarang ? Tentu lebih mudah dengan adanya internet.

Internet mempermudah orang-orang untuk memperoleh informasi mengenai apapun termasuk lowongan kerja. Kamu bisa dengan mudah melakukan pencarian, tinggal klik dan klik akhirnya selesai. Bahkan saat ini pengiriman surat lamaran pekerjaan beserta berkas lainnya bisa melalui internet. Kamu tak perlu susah lagi berdesak-desakkan hanya untuk mengajukan lamaran pekerjaan.

Walaupun demikian, memang beberapa perusahaan masih ada yang tidak menyediakan tempat pengajuan lamaran pekerjaan melalui internet.

Meskipu semua hal saat ini telah dipermudah, namun kamu perlu hati-hati dalam menelan informasi. Jangan sampai kamu menelan mentah-mentah informasi tanpa mencari tahu secara lebih detail. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tips aman melamar kerja.

Tips Aman Melamar Kerja agar Kamu Tidak Tertipu


Ada beberapa tips di bawah ini yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak!

1. Cari Tahu di Sumber Informasi yang Jelas

Nah, hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin melamar kerja maka tempat kamu memperoleh informasi harus jelas. Apakah kamu membuka informasi melalui internet ? Jika iya, pastikan sumber tersebut merupakan situs atau website job seeker yang sudah terpercaya. Hindari situs dengan akhiran domain (alamat link/url) yang tidak jelas seperti blogspot, wordpress, dan akhiran domain lainnya yang jarang dipakai oleh website resmi.

2. Bandingkan Informasi yang Kamu Peroleh di Beberapa Tempat

Biasanya informasi lamaran pekerjaan yang sedang dibuka, ditaruh di beberapa website resmi pekerjaan. Salah satu tips mencari kerja online adalah dengan membandingkan informasi di website A dengan website lainnya. Apakah benar-benar sama atau malah takutnya ada yang iseng membuat brosur dan menambahkan beberapa atribut dengan iming-iming "Jaminan Lulus tapi Bayar Uang Administrasi." Sekali lagi, perusahaan yang sudah besar tidak pernah memungut biaya admin.

3. Cari Tahu dari Sumber Asli

Jika kamu masih ragu dengan informasi yang terdapat di sumber kedua seperti website lowongan pekerjaan, maka cobalah kamu langsung mencari informasinya dari sumber yang asli. Iya, kamu perlu tahu apakah jobstreet terpercaya atau tidak setidaknya bisa dilakukan dengan mencari dari sumber pertama. Biasanya di brosur akan ditulis alamat website, media sosial, dan narahubung. Nah, cobalah sedikit lebih kepo untuk mencari informasi ke sumber aslinya. Pastikan bahwa perusahaan yang kamu tuju itu benar-benar membuka lowongan pekerjaan.

4. Baca Informasi dengan Seksama

Indonesia memang sudah dikenal dengan darurat membaca, negara yang masuk dari peringkat terbawah dalam hal literasi. Jangan sampai kamu juga membudayakan "Malas Baca" sehingga berdampak terhadap kesalahan menelan informasi. Pastikan kamu telah membaca keselurahan informasi tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Serta lihat penempatan kantor atau tempat kerja kamu nantinya. Jangan sampai ketika kamu mengira kerja di A, eh ternyata di sana tertulis B. 

5. Siapkan Segala Kebutuhan Berkas untuk Melemar Kerja

Tips aman melamar kerja berikutnya adalah kamu harus siapkan segala kebutuhan berkas yang diminta. Biasanya secara umum perusahaan meminta CV (Curiculum Vitae) yang merupakan informasi ringkas mengenai profil diri kamu. Selain itu, tentunya beberapa berkas pendukung seperti surat lamaran pekerjaan dan data diri kamu. Nah, penting bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan untuk menyiapkan semua berkas tersebut. Jangan sampai saat hendak meng-apply malah banyak yang kurang.

6. Gunakan Bahasan Formal serta Sopan 

Saat ingin mengajukan lamaran kerja, baik secara offline maupun online kamu perlu tahu etika dalam menyampaikannya. Salah dua yang penting untuk diperhatikan adalah penggunaan bahasa yang formal dan sikap yang sopan.

Cara melamar kerja langsung atau offline maka kamu perlu menggunakan baju yang sopan dan bersikap yang sopan juga. Jangan kamu berbuat semena-mena, berasa perusahaan milik sendiri. NO! Ya temen-temen. Begitu juga saat ingin mengutarakan maksud kamu, gunakan bahasa yang formal dan bersikap ramah. Kalau kirimnya melalui email atau apply melalui internet, gunakan juga bahasa yang formal dan sopan. Buka dengan salam dan akhiri dengan salam, jangan lupa!

7. Buatlah Resume Diri yang Menarik

Tips aman melamar kerja yang terakhir ini sering luput dari perhatian. Kebanyakan orang kadang tidak sadar telah melakukan kesalahan berulang kali. Sudah apply sana-sini tetapi tidak berhasil juga, nah kamu perlu peka untuk mencari kesalahannya. Bisa jadi kesalahan tersebut adalah kesalahan dari berkas yang kita sodorkan.

Coba deh cek resume diri yang kamu ajukan, bandingkan dengan beberapa contoh rekomendasi yang ada di internet. Jangan polosan ya sobat, hanya ditulis dikertas putih dan bertinta hitam tanpa ada desain yang menarik. Cobalah membuat CV ataupun resume diri dengan semenarik mungkin.

Baiklah sekian informasi mengenai 7 tips aman melamar kerja agar kamu tidak tertipu. Beberapa ada tips bonus agar pengajuan lamaran kamu diterima seperti buatlah resume diri yang menarik. Mau info lainnya? Tetap setia di website Cerdikian ya.



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama