Pengertian dan Fungsi Hardware

Pengertian dan Fungsi Hardware
Pengertian dan Fungsi Hardware

Pengertian dan Fungsi Hardware atau yang biasa kita sebut sebagai perangkat keras dalam Bahasa Indonesia adalah perangkat komputer yang bisa kita lihat dan sentuh secara nyata dan berguna untuk mendukung proses komputerisasi. Sesuai pendapat Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto yang merupakan ahli dalam bidang hardware, pengertian hardware adalah adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.

Perangkat keras bekerja sesuai dengan perintah penggunanya atau biasa kita sebut sebagai brainware. Dengan cara tersebut maka perangkat keras dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh user.

Pengertian dan Fungsi Hardware

Ada berbagai macam hardware yang memiliki fungsi-nya masing-masing. Setiap hardware berperan penting sesuai kebutuhan dan perintah pengguna. Berikut adalah beberapa fungsi dari hardware yang terbagi menjadi empat :

  • Menerima Input, maka hardware akan menerima input yang user berikan dan kemudian diolah menjadi informasi baru untuk menjalankan proses pada sistem komputer. Contoh process device yaitu CPU, RAM, VGA, dan sebagainya.
  • Mengolah Data/ Informasi, pada tahap ini maka hardware akan mengolah data/ informasi yang ia terima untuk kemudian ia proses menjadi informasi baru. Setelah data ini di input maka akan dapat di transfer pada output.
  • Memberikan Output, mekanisme satu ini lah yang saling mempengaruhi antara output input. Karena setelah semuanya diproses kemudian hardware akan memberikan output pada user dan dapat dilihat yang ditampilkan melalui hardware khusus.
  • Menyimpan Data/ Informasi, pada langkah ini maka pengguna dapat menyimpan hasil seluruh output pada perangkat penyimpanan sekunder dari komputer. Penyimpanan dapat dilakukan tidak hanya pada perangkat yang terpasang dalam komputer tapi juga bisa dilakukan dari perangkat yang dipasang di luar komputer.

Berbagai Jenis Hardware dan Contohnya

Sesuai fungsinya, hardware terbagi menjadi beberapa macam. Berikut adalah contoh hardware beserta fungsinya :

Perangkat Masukan (Input Device)

Input device (perangkat masukan) adalah hardware atau perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau informasi ke komputer. Data atau informasi tersebut dapat berbentuk gambar, teks, video, dan audio. Beberapa contoh input device antara lain Keyboard, Mouse, Microphone, Webcam, dan lain-lain


Perangkat Pemrosesan (Process Device)

Process device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Process device dapat juga disebut sebagai ‘otak’ komputer karena dapat memproses informasi yang dimasukkan ke komputer. Beberapa contoh process device adalah CPU (Central Processing Unit), VGA (Video Graphics Adapter), RAM (Random Access Memory), Power Supply, dan lain-lain

Perangkat Keluaran (Output Device)

Output device adalah perangkat dalam komputer yang berguna untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer dan kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer. Misalnya informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video, dan audio. Beberapa hardware untuk output device tersebut diantaranya Monitor komputer, Proyektor, Printer, dan lain-lain

Baca artikel menarik lainnya:

Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)

Perangkat penyimpan adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik itu berupa perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Salah satu contoh storage unit  yang berada di dalam komputer adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data. Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga dilakukan di luar komputer dengan hardisk eksternal.

Penutup

Demikian pengertian dan fungsi setiap hardware yang berperan penting dalam tiap tahapannya. Hardware dalam komputer sangatlah membantu kegiatan seperti dalam perkantoran dan pendidikan maupun hiburan. Meskipun begitu, sangat penting juga untuk merawat hardware agar tidak terjadi kerusakan yang dapat mempengaruhi kegiatan saat dibutuhkan. Kamu juga bisa mendapatkan informasi-informasi menarik seputar teknologi di VexaGame.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama