Penyebab Jantung Berdebar yang Harus Anda Ketahui!

Penyebab Jantung Berdebar
Penyebab Jantung Berdebar

Pada orang dewasa detak jantung normal berkisar antara 60-100 kali per menit. Penyebab jantung berdebar sendiri sangat beragam. 

Kondisi jantung berdebar ini memang bisa menjadi tanda-tanda terdapat penyakit jantung pada tubuh. Biasanya, pada kondisi tersebut juga disertai dengan beberapa keluhan lain. 

Beberapa keluhan pada saat penyakit jantung adalah nyeri pada bagian dada dan menjalar sampai dengan bahu atau punggung. Namun, terkadang ada juga beberapa kondisi lain yang bisa membuat jantung berdebar sangat kencang. 

Supaya tidak salah mengartikan, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab terjadinya jantung berdebar. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai organ jantung bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Penyebab Jantung Berdebar 

Jantung berdebar bisa saja disebabkan oleh banyak hal, mulai dari sifatnya ringan sampai dengan serius. Untuk salah satu penyebab sederhana dari jantung berdebar adalah gaya hidup, mulai dari olahraga, cemas dan kurang tidur. Akan tetapi, untuk beberapa penyakit yang juga bisa menjadi jantung berdebar adalah: 

1. Anemia

Anemia adalah kondisi dimana seseorang tersebut mengalami kekurangan sel darah merah. Untuk gejala dari penyakit Anemia adalah jantung mengalami debaran yang sangat amat kencang. Biasanya, debar jantung yang kencang ini juga disertai dengan wajah pusat sampai dengan sesak napas. 

2. Hipertiroidisme

Pada kondisi kali ini terjadi di saat kadar hormon tiroid mengalami peningkatan yang terlalu tinggi. Selain merasakan jantung yang berdebar sangat kencang, para penderita hipertiroidisme juga bisa mengalami susah tidur.

Bahkan, sebagian orang yang sedang mengalami kondisi tersebut juga mengalami fibrilasi atrium. Maksud dari fibrilasi atrium yaitu kondisi dimana irama jantung sudah tidak beraturan lagi. 

3. Hipoglikemia

Nilai normal gula darah pada manusia berada di rentang 70-149 mg/dL. Pada kondisi hipoglikemia terjadi di saat kadar gula pada organ tubuh mengalami penurunan dan berada dibawah angka normal. 

Orang yang mengalami kondisi tersebut bisa saja sedang mengalami gejala penyakit jantung berdebar. Sedangkan, untuk beberapa gejala lain dari jantung berdebar adalah lemas pucat, keringatan dan tremor. 

4. Dehidrasi 

Dehidrasi yaitu kondisi dimana tubuh sedang mengalami kekurangan cairan. Selain itu, dehidrasi ini bisa saja terjadi kurang minum atau makan. Bahkan, ada juga yang mengalami dehidrasi di saat melakukan diet secara ekstrim. 

Di saat tubuh sudah mengalami dehidrasi, maka jantung akan bekerja secara lebih kuat untuk proses mengalirkan darah dan cairan ke seluruh bagian tubuh. Untuk beberapa gejala lain dari jantung berdebar adalah lemas, bibir kering dan tidak bisa buang air kecil sama sekali. 

5. Panik 

Tidak dipungkiri di saat sedang mengalami panik, seseorang akan merasakan jantung debaran yang sangat amat kencang. Bahkan, bisa saja dengan rasa panik ini muncul keringat dingin sampai dengan pingsan. 

Pada saat panik untuk seseorang tersebut tidak bisa berdaya melakukan aktivitas apa saja. Panik adalah gangguan yang terjadi pada psikologis seseorang dengan membuat pikiran cemas luar biasa. 

Untuk rasa cemas ini juga bisa saja muncul secara mendadak. Sedangkan, pikiran panik kali ini juga bisa saja dipicu oleh beberapa hal yaitu stres, takut dan juga kelelahan. 

Nah, itulah dia penyebab jantung berdebar yang harus Anda ketahui. Besar harapan dengan adanya informasi diatas bisa menambah informasi kepada Anda yang sering mengalami jantung berdebar. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama