7 Langkah Memulai Usaha Rental Mobil Pribadi

Usaha Rental Mobil Pribadi



Memulai usaha memang terlihat sulit jika belum dilakukan. Ya jelas, apapun yang belum dilakukan kamu belum bisa mengukur sulit atau tidaknya. Salah satu bentuk bisnis yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis kecil-kecilan adalah usaha rental mobil pribadi.

Saat ini tren untuk bepergian menggunakan mobil pribadi masih digandrungi banyak orang. Jelas karena mobil pribadi dianggap paling sederhana dan fleksibel.

Oiya, yuk main juga ke blog Wong Cerdas yang banyak mengulas seputar Teknologi dan Keuangan.

Mimin cerdik sendiri suka bepergian dengan menggunakan mobil pribadi, entah mau pergi ke rumah nenek, bepergian antar lintas kota, pergi-pulang dari rumah ke kampus, dan lain-lain. Memang mobil pribadi itu paling sederhana dan mudah untuk dibawa ke mana saja.

Usaha rental mobil pribadi juga akan terus tumbuh karena permintaan akan sewa atau rental mobil semakin menjamur. Ketimbang membeli mobil baru, menggunakan jasa rental mobil akan lebih hemat karena sebenarnya kita menggunakan mobil hanya di waktu-waktu tertentu saja.

Selain itu, mimin juga berpikir bahwa saat ini trend dari driver online semakin meningkat karena banyak orang menggunakan jasa mereka. Apalagi sekarang ada banyak aplikasi yang sudah menyediakan driver online.

Melihat perkembangan di bidang usaha rental mobi pribadi, mimin rasa ini merupakan peluang yang besar jika kamu ingin mencoba memulai bisnis ini.

Lalu, langkah apa saja yang perlu dilakukan ketika ingin memulai bisnis rental mobil pemula ? Oiya tenang segera kita bahas ya.

7 Langkah Memulai Usaha Rental Mobil Pribadi


Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Niat

Tak ada yang lebih mulia dari sebuah niat yang baik. Maka, jika kamu benar-benar ingin memulai usaha rental mobil pribadi, mulailah dengan menanamkan niat secara yakin dan mantap. Kamu bahkan bisa menuliskan goal tersebut pada secarik kertas dan menempelkan di tempat yang biasanya kamu lihat seperti cermin.

2. Doa

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan adalah berdoa. Biar berkah, ketika ingin meniatkan sesuatu maka perlu disertai dengan doa. Yah, semoga bisnis kamu lancar, laris, dan berhasil cuy. Jangan lupa doa deh saran mimin Cerdikian hihi.


3. Membuat Perencanaan

Sebelum memulai bisnis usaha rental mobil, maka yang dilakukan pada langkah ketiga adalah membuat perencanaan.


Layaknya fungsi manajemen, maka dalam bisnis juga perlu yang namanya perencanaan. Berapa anggaran yang perlu disiapkan, mobil jenis apa yang mau dibeli, cara membeli mobil menggunakan apa, target pelanggan atau konsumennya siapa, paket-paket apa saja yang ada, semuanya perlu disiapkan ya.



4. Siapkan Dana

Nah, ini urgent banget lo. Dana merupakan salah satu syarat pokok untuk memulai suatu bisnis. Tanpa adanya dana, bisnis tak akan berjalan. Walaupun dana tersebut minjam katakanlah, tetap saja disebut sebagai dana.


Langkah keempat untuk memulai usaha rental mobil pribadi adalah menyiapkan dana. 



5. Beli Mobil - Aset Bisnis

Mobil merupakan asel vital dari bisnis rental mobil pribadi. Jadi jelas kalau mau memulai bisnis ini, ya berarti kita perlu beli mobil.

Bingung mau cari tempat untuk beli mobil? Nah kamu bisa berkunjung di Seva.id karena Seva menjual berbagai produk mobil baru dan bekas. Baca disini: Seva Tempat Mobil Online


Kamu bisa membeli mobil sesuai dana yang sudah disiapkan. Alangkah lebih baiknya untuk membeli mobil baru saja ketimbang membeli mobil bekas. Resiko kerusakannya tentu lebih minim. Tetapi, jika kamu tidak punya dana boleh kok dengan kredit mobil. Sembari bisnis jalan, kamu bisa cicil mobil yang dibeli.


6. Realisasi dan Promosi

Usaha rental mobil pribadi tidak bisa serta merta dikatakan sulit jika kamu belum mencobanya. Nah, maka jika ingin mengetahui sulit atau tidaknya bisa dengan merealisasikan niat yang sudah ditanamkan sejak awal. Rasakan bagaimana menjalani bisnis rental mobil ini.

Jangan lupa, ketika bisnis kamu ingin dikenal luas maka kamu perlu mempelajari cara promosi rental mobil. Sebenarnya sangat sederhana, apalagi saat ini semuanya sudah serba online. Kamu bisa mempromosikannya di grup-grup yang kamu ikuti, minta bantuan teman untuk mempromosikannya, pasang iklan, dan lain sebagainya.


Jika ingin menggunakan cara lama, kamu juga bisa menempelkan poster atau brosur di tempat-tempat ramai dikunjungi banyak orang.


Kamu juga bisa menggunakan strategi menjemput bola dengan menawarkan langsung kepada sasaran market kita.


Misalnya dengan menawarkan kepada kantor yang butuh sewa mobil. Atau memperkenalkan bisnis rental mobil ke perusahaan yang ada di sekitar kamu, ya istilahnya itu membangun branding.


7. Enjoy Menikmati Hasil

Terakhir, enjoy menikmati hasil yang sudah kamu bangun ini. Apalagi jika bisnis kamu sudah berkembang luas, kamu bisa ekspansi dengan memperbanyak jumlah mobil dan pegawai serta cakupan target pasar yang dibuat.


Namun, setiap bisnis ada kelemahannya, termasuk bisnis rental mobil.


Tetapi, tak perlu risau dengan kelemahan bisnis rental mobil yang ada, cobalah fokus untuk membangun bisnis kamu dan sesekali pelajari cara menutupi kelemahan bisnis rental mobil.


Baiklah itu dia, 7 Langkah Memulai Usaha Rental Mobil Pribadi yang bisa kamu ikuti. Saran mimin, coba aja dulu tentunya jangan sekadar coba-coba tapi cobalah dengan serius. Asiap hehe.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama